Dikutip dari 'The Republic' dalam The Dialogues of Plato, Volume 1, Benjamin Jowett, trans., Random House, Inc. (1937), hlm. 852–857.

[Socrates berbicara] Dari banyak keunggulan yang saya rasakan dalam tatanan Negara kita, ada tidak ada yang pada refleksi menyenangkan saya lebih baik daripada aturan tentang puisi. [Glaucon berbicara] Apa yang Anda maksud? Terhadap penolakan puisi tiruan, yang tentu saja tidak seharusnya diterima; seperti yang saya lihat jauh lebih jelas sekarang bahwa bagian-bagian dari jiwa telah dibedakan. Maksud kamu apa? Berbicara dengan percaya diri, karena saya tidak ingin kata-kata saya diulangi kepada para tragedi dan suku peniru lainnya—tetapi saya tidak keberatan mengatakan kepada Anda, bahwa semuanya puitis imitasi merusak pemahaman pendengar, dan bahwa pengetahuan mereka sifat sejati adalah satu-satunya penangkal bagi mereka. Jelaskan maksud dari komentar Anda. Baiklah, saya akan memberi tahu Anda, meskipun saya selalu dari masa muda saya memiliki kekaguman dan cinta Homer, yang bahkan sekarang membuat kata-kata tersendat di bibirku, karena dia adalah kapten yang hebat dan guru dari seluruh perusahaan tragis yang menawan itu; tetapi seorang pria tidak untuk dihormati lebih dari kebenaran, dan karena itu saya akan berbicara. Sangat bagus, katanya. Dengarkan aku, atau lebih tepatnya, jawab aku. Letakkan pertanyaan Anda. Bisakah Anda memberi tahu saya apa itu imitasi? karena saya benar-benar tidak tahu. Suatu hal yang mungkin, kemudian, yang harus saya ketahui. Kenapa tidak? karena mata yang tumpul mungkin sering melihat sesuatu lebih cepat daripada yang lebih tajam. Sangat benar, katanya; tetapi di hadapan Anda, bahkan jika saya memiliki gagasan yang samar, saya tidak bisa mengumpulkan keberanian untuk mengucapkannya. Apakah Anda akan bertanya pada diri sendiri? Kalau begitu, akankah kita memulai penyelidikan dengan cara kita yang biasa: Setiap kali sejumlah individu memiliki nama yang sama, kami menganggap mereka juga memiliki ide yang sesuai atau bentuk — apakah Anda mengerti saya? Saya bersedia. Mari kita ambil contoh umum; ada tempat tidur dan meja di dunia—banyak sekali mereka, bukan? Ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini