SENI DAN EKSPRESI

secara metaforis dengan cara yang tepat, maka kita dibenarkan untuk mengatakan bahwa musik adalah ekspresi dari bangsawan. Oleh karena itu, teori ekspresi sebagai contoh metafora memiliki keutamaan besar menawarkan kejelasan yang mengesankan untuk subjek yang sampai sekarang tidak jelas. Beberapa masalah dengan teori metafora contoh, Tidak ada keraguan bahwa penjelasan tentang ekspresi yang ditawarkan oleh teori contoh metafora, yang digambarkan di atas adalah menarik. Ini memberikan model yang sangat mudah dibaca tentang bagaimana kita menghubungkan sifat ekspresif ke karya seni. Namun untuk semua ketepatannya yang mengagumkan, ia memiliki batasan-batasan tertentu yang mengganggu. Kita mungkin mulai mengeksplorasi ini dengan menanyakan apakah teori contoh metafora yang telah kita uraikan persediaan diperlukan atau cukup Apakah kasus setiap karya seni ekspresif secara metaforis mencontohkan sifat-sifatnya sesuai dengan penjelasan metafora sebelumnya? Akun metafora itu mengharuskan istilah metaforis menjadi bagian dari matriks skema kontras yang lebih besar. Ini bekerja sangat baik ketika kita memikirkan kolom yang berlawanan yang hanya terdiri dari satu label, seperti:

 musik romantis panas

hangat Muzak

musik elektronik dingin

 Misalkan kita mengatakan bahwa sebuah puisi mengungkapkan beberapa properti emosional yang sangat kompleks, seperti "akhir abad kesembilan belas, fin-de-siècle, bohemian, keputusasaan dan kebencian anarkis." Sangat sulit untuk membayangkan merekonstruksi skema asli label kontras yang mendiami label properti yang kompleks itu. Memang, adil untuk menganggap tidak ada, kecuali kita ditunjukkan sebaliknya. Namun banyak dari sifat ekspresif yang kita kaitkan dengan karya seni setidaknya sekompleks ini. Misalnya, film King Kong adalah ekspresi dari kekurangajaran, kenaifan, dan sentimentalitas Amerika abad pertengahan. Oleh karena itu, teori perumpamaan metafora yang kita kaji tampaknya tidak memiliki sumber daya untuk mengakomodasi semua sifat ekspresif yang ingin kita kaitkan dengan karya seni.

Review: Karena metafora merupakan sebuah topik kajian utama berbagai disiplin ilmu, terutama linguistik, teori kesusastraan, filsafat, dan psikologi, konsep-konsep tentang metafora, termasuk definisinya, sangat beragam (Picken: 1988: 108). Hingga saat ini, terdapat paling tidak empat teori metafora yang mengungkapkan metafora dengan berbagai sudut pandang. Berikut ini adalah uraian singkat tentang keempat teori tersebut, yang secara khusus ditinjau dari perspektif penerjemahan. Menurut Aristoteles, metafora merupakan sarana berpikir yang sangat efektif untuk memahami suatu konsep abstrak, yang dilakukan dengan cara memperluas makna konsep tersebut dengan cara membandingkannya dengan suatu konsep lain yang sudah dipahami. Melalui perbandingan itu terjadi pemindahan makna dari konsep yang sudah dipahami kepada konsep abstrak. fungsi utama metafora adalah sebagai stilistika atau ornamen retoris, khususnya majas. Danesi (2004: 118) menambahkan bahwa majas tersebut digunakan untu memperindah ungkapan-ungkapan dalam puisi. Dengan kata lain, Aristoteles lebih mementingkan metafora sebagai ekspresi linguistik, bukan sebagai konsep berpikir yang menghasilkan ekspresi tersebut. metafora menjadi salah satu bidang kajian utama bidang filsafat, linguistik dan kritik sastra di Barat. Namun, menurut Punther (2007: 10-12), penekanan pada fungsi metafora sebagai ornamen retoris mengakibatkan kajian-kajian itu hanya terfokus pada upaya upaya untuk membedakan bahasa harfiah dan bahasa figuratif. Akibatnya, selama hampir 16 abad metafora tidak dianggap sebagai bagian integral diskursus filsafat dan bahasa sehari-hari, dan pengertian metafora sebagai perbandingan antara sebuah konsep yang asing (topik) dengan suatu konsep lain yang sudah dipahami (citra) yang menghasilkan kemiripan (titik kesamaan) diantara keduanya, yang kemudian dipindahkan kepada topik sehingga pemahaman terhadapnya meningkat juga tidak mengalami perubahan secara substantif.


Komentar

Postingan populer dari blog ini